PENGERTIAN KURIKULUM
VERSI BAHASA INDONESIA :
1. Menurut Daniel Tanner & Laurel Tanner :
Kurikulum adalah pengalaman pembelajaran yang terencana dan
terarah, yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman
yang sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat
terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial
pribadinya.(http://nomeng87.wordpress.com/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli)
2. Menurut Murray Print :
Kurikum adalah semua ruang pembelajaran terencana yang
diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati
oleh siswa saat kurikulum itu terapkan. (http://nomeng87.wordpress.com/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli)
3. Menurut Crow and Crow :
Kurikulum adalah Rancangan
Pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk
menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah. (http://www.bagikanlink.com/2013/03/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli.html#sthash.uD1wLY0L.dpuf)
4. Menurut Hilda Taba (1962) :
Kurikulum adalah pernyataan tentang tujuan-tujuan pendidikan yang bersifat umum dan
khusus, dan materinya dipilih dan
diorganisasikan berdasarkan suatu pola tertentu untuk kepentingan belajar dan
mengajar, Biasanya dalam suatu kurikulum sudah
termasuk dengan program penilaian
hasilnya. (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2119389-definisi-kurikulum-menurut-beberapa-ahli/)
5. Menurut Ronald C. Doll dalam Oliva, (1991) :
Kurikulum adalah konten dan proses formal maupun non formal
di mana pebelajar memperoleh pengetahuan dan pemahaman, perkembangan skil,
perubahan tingkah laku, apresiasi, dan nilai-nilai di bawah bantuan sekolah (http://www.bagikanlink.com/2013/03/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli.html#sthash.w4Qng323.dpuf)
6. Menurut Grayson
:
Kurikulum adalah suatu
perencanaan untuk mendapatkan keluaran (out- comes) yang diharapkan dari suatu
pembelajaran. Perencanaan tersebut disusun secara terstruktur untuk suatu
bidang studi, sehingga memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan
strategi pembelajaranpendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai. (http://mxviii.wordpress.com/2010/11/11/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli/)
VERSI BAHASA INGGRIS :
1.
According
to Jarlind (1998),
Sa curriculum also assists in monitoring teaching
and learning processes. It will be noted that whereas the wording is different,
the general message is that a curriculum is a framework for planned /organized
teaching and learning for either groups or individuals, within or without an
institutional setting to achieve stated objectives. (http://www.fao.org/docrep/meeting/007/y2993e/y2993e13.htm)
2.
Caswel
dan Chambell :
kurikulum….to be
composed of all experience children have a under the guidance of teacher. (http://www.fao.org/docrep/meeting/007/y2993e/y2993e13.htm)
3.
According
to John Kerr’s :
definition
which was adopted by Vic Kelly in his typical work on the topic, curriculum is
defined as, 'All the learning which is planned and guided by the school,
whether it is carried on in groups or individually, inside or outside the
school.( http://www.ukessays.co.uk/essays/education/curriculum-theory.php#ixzz2dptZ26NG)
4.
According
to Froebel's View :
"Curriculum should be conceived
as an epitome of the rounded whole of the knowledge and experience of the human
race."
SIMPULAN
Kurikulum
merupakan kegaiatan yang disajikan di sekolah berupa instrument, rangkaian unit
materi belajar yang telah disusun, dan seperangkat rencana yang berisi
pengalaman belajar bagi pelajar atau anak didik, agar dapat merealisasikan
bakatnya dan dapat mengembangkan taraf hidup dalam masyarakat berdasarkan
kemampuan yang dimiliki sebelumnya. Oleh karena itu kurikulum harus di
organisasikan dengan baik agar sasaran dan tujuan pendidikan ditetapkan dapat
tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar