Kamis, 10 Oktober 2013

pengertian kurikulum

PENGERTIAN KURIKULUM
VERSI BAHASA INDONESIA :
1.       Menurut Daniel Tanner & Laurel Tanner :
Kurikulum adalah pengalaman pembelajaran yang terencana dan terarah, yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yang sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial pribadinya.(http://nomeng87.wordpress.com/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli)

2.       Menurut Murray Print :
Kurikum adalah semua ruang pembelajaran terencana yang diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati oleh siswa saat kurikulum itu terapkan. (http://nomeng87.wordpress.com/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli)

3.       Menurut Crow and Crow :
Kurikulum adalah Rancangan Pengajaran atau sejumlah mata pelajaran yang disusun secara sistematis untuk menyelesaikan suatu program untuk memperoleh ijazah. (http://www.bagikanlink.com/2013/03/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli.html#sthash.uD1wLY0L.dpuf)

4.       Menurut Hilda Taba (1962) :
Kurikulum adalah pernyataan tentang tujuan-tujuan pendidikan yang bersifat umum dan khusus, dan materinya dipilih dan diorganisasikan berdasarkan suatu pola tertentu untuk kepentingan belajar dan mengajar, Biasanya dalam suatu kurikulum sudah termasuk dengan program penilaian hasilnya. (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2119389-definisi-kurikulum-menurut-beberapa-ahli/)

5.       Menurut Ronald C. Doll dalam Oliva, (1991) :
Kurikulum adalah konten dan proses formal maupun non formal di mana pebelajar memperoleh pengetahuan dan pemahaman, perkembangan skil, perubahan tingkah laku, apresiasi, dan nilai-nilai di bawah bantuan sekolah (http://www.bagikanlink.com/2013/03/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli.html#sthash.w4Qng323.dpuf)

6.       Menurut  Grayson :
Kurikulum adalah suatu perencanaan untuk mendapatkan keluaran (out- comes) yang diharapkan dari suatu pembelajaran. Perencanaan tersebut disusun secara terstruktur untuk suatu bidang studi, sehingga memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi pembelajaranpendidikan yang telah ditetapkan dapat tercapai. (http://mxviii.wordpress.com/2010/11/11/pengertian-kurikulum-menurut-para-ahli/)
VERSI BAHASA INGGRIS :
1.      According to Jarlind (1998),
Sa curriculum also assists in monitoring teaching and learning processes. It will be noted that whereas the wording is different, the general message is that a curriculum is a framework for planned /organized teaching and learning for either groups or individuals, within or without an institutional setting to achieve stated objectives. (http://www.fao.org/docrep/meeting/007/y2993e/y2993e13.htm)

2.      Caswel dan Chambell :
kurikulum….to be composed of all experience children have a under the guidance of teacher. (http://www.fao.org/docrep/meeting/007/y2993e/y2993e13.htm)

3.      According to John Kerr’s :
definition which was adopted by Vic Kelly in his typical work on the topic, curriculum is defined as, 'All the learning which is planned and guided by the school, whether it is carried on in groups or individually, inside or outside the school.( http://www.ukessays.co.uk/essays/education/curriculum-theory.php#ixzz2dptZ26NG)

4.    According to Froebel's View :
"Curriculum should be conceived as an epitome of the rounded whole of the knowledge and experience of the human race."


SIMPULAN

Kurikulum merupakan kegaiatan yang disajikan di sekolah berupa instrument, rangkaian unit materi belajar yang telah disusun, dan seperangkat rencana yang berisi pengalaman belajar bagi pelajar atau anak didik, agar dapat merealisasikan bakatnya dan dapat mengembangkan taraf hidup dalam masyarakat berdasarkan kemampuan yang dimiliki sebelumnya. Oleh karena itu kurikulum harus di organisasikan dengan baik agar sasaran dan tujuan pendidikan ditetapkan dapat tercapai.

Tidak ada komentar: